BREAKING NEWS

Wednesday, December 18, 2013

PRODI SISTEM INFORMASI, BELAJAR APA SAJA?

Ikubaru's Blogzia-Haloo Sobat, selamat sore waktu Ikubaru's Blogzia. Apakah kalian sedang mencari-cari jurusan mana yang cocok bagi kalian. Apakah Kalian mulai teratrik dalam mengkaji sistem yang berjalan di suatu perusahaan dengan penggunaan komputer didalamnya. Kali ini Ikubaru's Blogzia akan membahas review Program Studi Sistem Informasi. Apa itu Prodi Sistem Informasi?

Prodi Sistem Informasi merupakan salah satu program studi yang menekankan pada pemanfaatan teknologi dan informasi dalam menunjang kegiatan perusahaan. Dalam prodi Sistem Informasi, para mahasiswanya akan mempelajari bagaimana sistem akan berjalan dalam suatu perusahaan dengan mengkaji, menerapkan, dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk menciptakan rekayasa sistem informasi dalam perusahaan.

Disini mahasiswa Sistem Informasi tidak hanya dibekali oleh Ilmu Teknologi, seperti Rekayasa Perangkat Lunak, Komputer Jaringan, dan Pemrograman, akan tetapi juga akan dibekali Ilmu Ekonomi bisnis, seperti Ilmu Manajemen, Admisnitrasi Bisnis, dan juga ilmu Akuntansi (Sistem Informasi Akuntansi). Sehingga para lulusannya akan mampu dalam menguasai Sistem Informasi di dalam suatu perusahaan.

Prodi Sistem Informasi merupakan salah satu program studi yang tergabung dalam Fakultas Ilmu Komputer. Terkadang prodi ini juga tergabung dalam Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informasi, atau juga Fakultas Teknik. Para alumni dari prodi ini akan diberikan gelar akademik Sarjana Komputer (S.Kom). Untuk strata dua, prodi ini juga tergabung dalam Program Pascasarjana Manajemen Sistem Informasi, dan diberi gelar akademik Magister Manajemen Sistem Informasi (M.M.SI). 

Prodi Sistem Informasi banyak diminati di berbagai Perguruan Tinggi, baik Negeri maupun Swasta. Seperti di UNSRI, ITS dan UNAND, Prodi Sistem Informasi termasuk kedalam prodi yang diperhitungkan. Untuk di Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta prodi Sistem Informasi juga banyak diminati oleh calon mahasiswanya.

KONSENTRASI PRODI SISTEM INFORMASI

Prodi Sistem Informasi memiliki beberapa konsentrasi yang dapat mendukung karir masa depan peminatnya. Secara umum Konsentrasi Prodi Sistem Informasi ialah sebagai berikut:
  1. Database Programming
    Konsetrasi ini akan membekali peminatnya mengenai pengembangan sistem informasi serta penggunaan software aplikasi untuk bisnis, seperti sistem basis data, e-commerce dan aplikasi manajemen perkantoran. Pada saat ini perusahaan mulai gencar memakai sistem basis data yang terhubung dengan internet, sehingga peminat konsentrasi ini dapat mengisi kebutuhan perusahaan ini.
  2. Sistem Informasi Multimedia
    Konsentrasi ini akan membekali peminatnya dengan keahlian dan keterampilan dalam merancang sistem informasi multimedia, seperti pembuatan software E-Learning dengan menggunakan CD atau DVD.


  3. Sistem Informasi Entreprise
    Konsentrasi ini akan membekali peminatnya dengan kemampuan untuk menganalisis, merancang, dan mengimplementasikan sistem informasi entreprise. Peminat konsentrasi ini diharapkan mampu dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan bisnis serta mampu dalam meng-optimalisasi kegiatan operasional perusahaan dengan pemanfaatan teknologi informasi.

PROSPEK KARIER PRODI SISTEM INFORMASI

Sudah terbayang bagaimana perkuliahan di Sistem Informasi? Melihat hal-hal diatas mungkin sedikti ada bayangan. Banyak prospek karier yang banyak ditempati lulusan dari Prodi Sistem Informasi, seperti:
  1. Developer E-Commerce System (Pengembang Sistem E-Commerce)
  2. Analis Sistem Bisnis
  3. Administrator Basis Data
  4. Bussiness Aplication Programmer
  5. End-user Consultant
  6. Web Developer
  7. Pengembang Perangkat E-Learning
  8. Graphic Designer
  9. Special Effect Programmer
  10. Computer Game Programmer


Share this:

2 comments :

  1. Developer E Commerce sistem kayaknya adalah salah satu Jobs yang menjanjikan saat ini, hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya pengangguran yang punya pekerjaan sebagai penjual Online,, ini komentar yang relevan kan gan? kalo gitu komenbacnya aja gan :D Salam Penuh Keajaiban

    ReplyDelete
  2. Sepertinya artikel ini telah menjawab rasa dilema yang tengah saya alami, bingung milih antara SI dan TI, tapi berkat pencerahan dari artikel yang agan share ya bisalah mencerahkan saya dalam menentukan pilihan, karena takut salah ambil jurusan bisa2 jadi beban mental pula dalam menjalaninya nanti...., makasih gan salam kenal.......

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes